Amplang Kuliner Khas Kalimantan Barat

Komentar

Perpaduan antara bahan utama dan bumbu rempah yang khas menjadikan camilan ini terasa gurih, lezat, dan renyah saat dimakan. Makanan ringan ini sangat cocok untuk dijadikan camilan saat bersantai maupun pada saat Anda bepergian. Amplang merupakan usaha industri rumahan yang sudah berkembang sejak tahun 1970-an.

Jangan lupa kunjungi : Rumah Betang Pontianak Kalimantan Barat

Usaha produksi Amplang ini kemudian diwarisi secara turun-temurun oleh keluarga pengusaha Amplang sehingga mampu bertahan dari gempuran krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997. Keberhasilan ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras para pengusaha Amplang di Kota Ketapang dalam meningkatkan kualitas produknya sehingga camilan ini tetap diminati para pelanggan.

Amplang Kuliner Khas Kalimantan Barat

Amplang, bisa jadi akan terus bertahan. Namun namanya pun secara perlahan akan bergeser. Entah akan disebut kuku macan, ataupun nantinya malah menjadi nama baru. Tergantung pada penghargaan warga kota ini terhadap penganan ini.

Mencatatkan segala catatan dengan kota ini menjadi penting, karena memori kolektif kota ini sangatlah rapuh, apalagi memori yang dipahami publik adalah memori berdasarkan kehendak pejabat publik. Saat ini, para pengusaha Amplang di Kalimantan Barat khususnya daerah Ketapang tidak hanya memproduksi Ampalang rasa ikan, tetapi juga rasa rumput laut untuk memberi rasa yang berbeda.

Nikmati juga : Menikmati Gurihnya Kerupuk Basah Kalimantan Bara

Meskipun demikian, Amplang Macan tetap menjadi pilihan utama dan paling banyak dicari oleh pemudik maupun wisatawan untuk dijadikan buah tangan. Kelebihan dari Amplang yang satu ini terletak dari bumbunya yang spesial. Seperti halnya Amplang jenis lain, Amplang Macan tidak memakai bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi.

Bentuk lain Amplang Kuliner Khas Kalimantan Barat

Resep Amplang sebagai berikut :

Bahan – bahan yang dibutuhkan :
  1. Ikan Tenggiri/belidak  1 Kilogram
  2. Tepung Kanji  2 Kilogram
  3. Air 750 ml
  4. Garam 4/5 ons
  5. Bumbu penyedap 1/5 ons
  6. Bawang Putih 5 Biji

Jangan lupa kunjungi : PELABUHAN SENG HIE PONTIANAK

Cara Pembuatan :
  • Campurkan Ikan, Tepung, Air, Garam dan Bumbu penyedap  diaduk sampai rata.
  • Adonan dibentuk seperti lenjeran dan besarnya disesuaikan keinginan.
  • Amplang yang telah siap dipotong halus-halus lalu digoreng dalam minyak yang banyak selama lebih kurang 30 menit sehingga benar-benar kering.
  • Semasa menggoreng, produk hendaklah sentiasa di aduk supaya tidak hangus. Amplang yang telah digoreng, ditiriskankan untuk membuang sisa-sisa minyak.
  • Produk ini dibungkus dalam plastik kedap udara dan disimpan pada suhu rendah serta jauhkan daripada pancaran cahaya matahari langsung dan jauhkan daripada serangan serangga.

Baca Juga

Exit mobile version