Site icon Wisata Pontianak

Pengkang, Penganan Sederhana Yang “NENDANG”

Pengkang? Apaan tuh?. Kalimat itulah yang paling sering saya dengar saat teman saya yang baru datang ke Kalimantan Barat saat diajak untuk menikmati kuliner khas ini. Nama yang terdengar sedikit aneh dan agak janggal. Tapi dibalik itu semua terdapat rasa yang luar biasa menggugah selera.

Baca juga : Kuliner Pengkang Pontianak Kalimantan Barat

Cobalah untuk berkunjung ke daerah Peniti, daerah ini sekitar 30 km dari kota Pontianak, disana terdapat banyak sekali pondok makan yang menjual pengkang. Pengkang adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Kalimantan Barat, yang dibuat dengan bahan baku dari beras ketan atau beras pulut (sebutan masyarakat Kal-bar).

PENGKANG, PENGANAN SEDERHANA YANG “NENDANG”

Karena citarasanya yang uniq, maka pengkang banyak diburu para penikmat wisata kuliner. Pengkang sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lemper didaerah Jawa. Berbeda hanya isian yang digunakan. Berhubung beberapa wilayah di Kalimantan Barat berada dipesisir maka digunakan isian udang kering yang lebih dikenal dengan Ebi.

Cicipi juga : Bubur Pedas Melayu Sambas Kalimantan Barat

Para  penikmant  wisata kuliner dapat menjumpai pengkang salah satunya di jalan raya Pontianak-Sungai Pinyuh yaitu di daerah Peniti, kalau arah dari Pontianak di sebelah kanan jalan. Di sini dapat kita jumpai sebuah rumah makan yang cukup besar dengan menu spesialnya pengkang. Masyarakat Tionghoa menyebut pengkang untuk segela jenis masakkan yang di panggang, di Kalimantan Barat pengkang dipanggang terlebih dahulu sebelum disajikan.

Cara pembuatannya tidak terlalu sulit ketan terlebih dahulu diaron menggunakan santan lalu dikukus sampai matang setelah itu dimasukkan kedalam daun pisang dan diisi dengan ebi dan dibentuk segitiga. Setelah itu dijepit dengan bambu berpasangan dan kemudian dibakar hingga matang.

Pengkang ini akan lebih enak jika dicocol dengan sambal kepah yang khas melayu, semuanya memanfaatkan hasil pesisir. Sambal kepah sendiri merupakan sambal yang dibuat dari sejenis kerang yang hidup dihutan mangrove. Rasa pedas manis sambal, berpadu dengan gurihnya kepah.

Kunjungi juga : Wisata Alam Gunung Poteng Singkawang Kalimantan Barat

Aroma gurih pengkang darisantan dan ketan membuat kita sulit untuk berhenti membuka lembar demi lembar daun pisang pelapis pengkang ini. Paduan gurihnya ketan pengkang dengan legitnya pedas sambal kepah menjadikan makanan ini wajib hukumnya untuk dicoba oleh anda yang akan atau tengah berkunjung di Pontianak. Kuliner wajib yang bisa menjadi andalan sumber protein dan karbohidrat. Rasanya yang gurih dan pedas membuat kita akan susah berhenti untuk menikmatinya.

Exit mobile version