Roti Canai atau Cane Pontianak Kalimantan Barat

Avatar
Komentar
X
Bagikan

Roti canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh di Indonesia.

Roti canai atau roti cane adalah penganan berbahan dasar tepung yang terpengaruh oleh masakan India, yang banyak ditemui di Malaysia dan Indonesia. Sedikit mirip dengan roti prata yang terkenal di Malaysia bagian selatan dan Singapura.

Roti Canai atau Cane Pontianak Kalimantan Barat

Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta. Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan. Di Indonesia, roti canai dihidangkan dengan kari kambing atau domba.

Roti Canai atau Cane Pontianak Kalimantan Barat

Membuat makanan ini rada gampang gampang susah, diperlukan kesabaran yang tinggi. sering memcoba banyak cara ternyata kali ini adalah yang paling simple dan menyenangkan, yuk bagi teman yang suka makanan yang satu ini kita coba lihat membuatan nya. disini tdk saya tampilkan pendampingnya yaitu masakan kari, karena sebagian besar kita bisa memasak karinya.

Bahan-bahan:

Tepung Terigu Protein Tinggi 500 gram
Margarin 35 gram
Kuning Telur 2 butir
Mentega 250 gram
Air 150 ml
Minyak Sayur 1 sendok makan
Garam secukupnya

Cara membuat :

Campur tepung, garam dengan air hangat.
Setelah rata masukkan mentega cair.
Remas-remas sampai tidak lengket, bagi menjadi 20 bagian, masing-masing dibulatkan, diamkan ± selama 15 menit, tipiskan setebal ± 1/2 cm.
Panaskan dan olesi dengan sedikit minyak wajan datar untuk membuat martabak, panggang adonan yang sudah ditipiskan di atas, balik-balik sampai matang (ada bagianbagian yang jadi lebih cokelat). Angkat.
Lakukan sampai adonan habis.

Catatan : Bentuk tekstur roti bisa beragam ada yang seperti proses diatas, atau ditipiskan lebar lalu dilipat-lipat seperti martabak, baru kemudian dipanggang.

Baca Juga