Wisata Alam Gunung Poteng Singkawang Kalimantan Barat

Avatar
Komentar
X
Bagikan

Gunung Poteng merupakan salah satu kawasan hutan Cagar Alam Raya Pasi seluas 3.700ha sejak tanggal 20 Mei 1978 karena telah ditetapkan sesuai dengan SK Menhut Nomor 111/Kpts-II/1990.

Bagi para petualang dan penjelajah hutan pasti akan sangat tertarik dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh cagar alam ini.

Gunung Poteng merupakan kawasan tempat tumbuhnya bunga law belacan (Rhizanthes Zippelii), bunga rafflesia tuan mudae, anggrek singkawang (Dendrobium Singkawangense) serta berbagai jenis fauna seperti trenggiling, beruang madu dan landak.

Kekhasan flora yang dimiliki gunung ini adalah Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Tuan Mudae), Bunga Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Bintang (Rizhantes Zepelii), dan aneka ragam anggrek yang dilindungi. Sedangkan fauna fauna penghuni Gunung Poteng adalah trenggiling, madu dan landak.

Wisata Alam Gunung Poteng Singkawang Kalimantan Barat

Bulan November sampai dengan bulan Januari, merupakan saat yang tepat untuk berwisata sekaligus menikmati kuliner durian Poteng.

Di sana telah tersedia pondok-pondok penunggu durian, sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah berkunjung untuk menikmati buah durian asli Poteng yang memiliki kenikmatan rasa tersendiri yang didukung dengan segarnya hawa pegunungan.

Gunung Poteng yang terletak hanya 9 km sebelah Timur Kota Singkawang, mejadi tempat yang menarik untuk dikunjungi para pendaki dan penjelajah hutan dalam mengekspresikan hobi bertualangnya.

Sayangnya Gunung Poteng yang dulunya masih alami, kini telah terjadi beberapa kerusakan ekosistem dan habitat yang disebabkan oleh adanya penebangan secara ilegal oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang tidak memikirkan dampak sosial atas apa yang dilakukannya bagi kelangsungan makhluk hidup lainnya.

Perhatian yang kurang terhadap kawasan Gunung Poteng, juga menjadi salah satu faktor yang membuat pengunjung kurang betah berlama-lama berada di tempat wisata ini. Salah satunya adalah rusaknya infrastruktur jalan menuju lokasi dan sarana pendukung lainnya untuk pengembangan kawasan.

Hal ini kini menjadi agenda Pemkot Singkawang untuk lebih memperhatikannya. Keaslian alam serta keunikan yang dimiliki kawasan ini diakui menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk menanamkan modalnya yang dapat menimbulkan multiplier effect bagi pembangunan daerah , hingga pada akhirnya dapat kesejahteraan masyarakat akan terwujud.

Gunung Poteng merupakan salah satu contoh kekayaan alam Indonesia yang tidak mampu kita jaga dengan baik. Apabila Anda berkunjung ke Kalimantan Barat dan ingin menyaksikan langsung panorama alam datanglah ke Gunung Poteng.

Dari sana kita akan belajar untuk lebih menghargai alam, sebab suatu kerugian besar apabila kita dengan teganya merusak alam yang begitu indah ini.

(Bernas)

Baca Juga